[buzz korea] 3 Restoran Halal di Korea yang “Wajib” dikunjungi

Korean Islamic Food Sensation

KOREA! Satu kata, seribu cerita. Lee Min Ho, Jung Il Woo, Kim Tae Hee, Super Junior, Kimchi, Tteokbokki, Pulau Jeju dan lain-lain. Banyak hal yang dapat digali di Korea.Pergi ke Korea merupakan impian hampir semua penggemar K-Pop di Tanah Air.Melihat secara langsung keindahan arsitektur alamnya & merasakan salju meleleh di tangan kita. Ditambah lagi dengan surga jajanannya yang hm…..Yummy..kebetulan saya sangat tertarik dengan dunia kulinari terlebih lagi untuk makanan-makanan asing yang belum pernah saya coba sebelumnya.

Bercerita tentang makanan, sebagai muslim, tentu saja kita harus lebih berhati-hati dalam memilih apa yang kita makan pada saat jalan-jalan di Korea. Terutama bagi kita yang tinggal di Indonesia, yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Hal tersebut merupakan sebuah potensi yang besar bagi industri pariwisata di Korea.

Makanan Korea kebanyakan berbahan dasar Babi, yang tentu saja diharamkan bagi umat muslim. Tapi sekarang jangan khawatir, karena Korean Tourism Organization sudah mengeluarkan daftar restoran-restoran halal di Korea. Mereka telah mengkampanyekan tentang makanan halal di Korea, mesjid-mesjid dan pusat keagamaan islam terdekat. Mau tau lebih lanjut tentang apa aja sih restoran-restoran tsb. Let’s check it out. 3 Restoran halal yang wajib dikunjungi di Korea :

1. PULHYANGGI

Restoran Pulhyanggi terletak di Hannam-Dong Seoul. Pulhyanggi merupakan salah satu restoran terkenal di sana yang menyediakan masakan asli Korea. Restoran tsb menyajikan makanan vegetarian maupun non-vegetarian.Beberapa makanan yang direkomendasikan adalah Scorched Rice/ Nurungji. Makanan ini adalah nasi yang mempunyai aroma kacang & berwarna kecoklatan.

Makan nasi tentu saja tidak lengkap tanpa adanya makanan pendukung. Makanan tsb dinamakan Banchan atau makanan pendamping.Secara total kita akan mendapatkan 9 s/d 10 makanan pendamping, seperti :

Shiitake Mushrooms

Jamur ini disajikan dengan bumbu yang ringan dan teksturnya hampir kering.

Daikon, Carrot and Nori

Ini adalah hidangan paling menonjol dalam menu setnya.Hidangan ini terdiri dari lobak & wortel dicampur dengan gym dan bagian putih daun bawang serta ditambah dengan sedikit minyak wijen.

Selain itu, restoran ini juga menyajikan Nine-sectioned dish , yaitu masakan klasik dari kerajaan yang terdiri dari 9 bagian makanan diantaranya dadar isi berbagai sayuran (tersedia juga dadar isi daging & seafood).

2. GAMRODANG

Ciri khas makanan restoran ini adalah masakan yang tidak menggunakan 5  bahan baku akar yang terlarang (daun bawang, bawang putih, rocambole liar, daun bawang korea & asafoetida) atau penyedap buatan.

Adonan tumis dan goreng yang lezat dihidangkan dengan cara dicelupkan ke dalam tepung kentang  dan tepung beras ketan (bukan tepung terigu). Restoran ini juga menggunakan sayuran organik yang segar. Di restoran ini kita dapat mencicipi beberapa menu seperti Gamro Jinjisang dan Hong Yeonhui Jinjisang.

gamro jinjisang

3. SANCHON

Sanchon didirikan oleh seorang mantan pendeta Budha bernama Kim Yun-sik yang menghabiskan 17 tahun hidup di kuil sebagai seorang biksu. Di sana Ia belajar memasak dan meneliti  makanan dari seluruh negeri. Sanchon di buka pada tahun 1981. Sanchon adalah restoran tradisional Korea yang terletak di Insa-dong dan terkenal dengan spesialisasinya dalam makanan kuil (temple food). Tempat ini populer di kalangan turis asing.

Sebagian besar makanan yang bisa dicicipi di Sanchon adalah makanan dengan bahan baku sayuran / vegetarian. Anda juga dapat memiliki pengalaman dalam mencoba makanan kuil khas Korea. Suasana restorannya pun sangat menyerupai kuil dengan para pelayan yang mengenakan pakaian tradisional Korea. Sanchon juga merupakan restoran pertama di Korea yang menyediakan kombinasi makanan lezat diselingi dengan pertunjukan tari dan musik tradisional khas Korea (menyenangkan bukan ….. :p).

Di Sanchon kita juga akan dijamu dengan beberapa makanan pendamping atau namul banchan.

Rekomendasi makanan lainnya adalah doengjang jigae yaitu sayuran kuah berisi tahu dan beberapa macam sayuran. Untuk pilihan lainnya kita dapat mencoba sesuatu yang lebih manis yaitu bubur red bean and sweet kabocha (sayur labu kuning dan kacang merah manis).

red bean and sweet kabocha

Semua makanan yang tercantum pada ketiga restoran di atas merupakan menu yang aman di konsumsi oleh umat muslim. Terutama umat muslim Indonesia yang hendak berkunjung ke Korea.

Apabila memang saya bisa memenangkan pemilihan blog yang diselenggarakan Tim Touch Korea Tour maka, dengan senang hati saya akan mengembangkan makanan asli Korea tsb menjadi makanan asing yang dapat dinikmati masyarakat Indonesia. So….itulah TOP 3 restoran halal di Korea yang harus dan wajib dikunjungi ketika berada di Korea. Finally,  enjoy the beautifulness outside while flavouring delicious dishes inside.

Korea – eat for your soul -

Source : Miscellaneous, the vegan 8 korean

2 thoughts on “[buzz korea] 3 Restoran Halal di Korea yang “Wajib” dikunjungi

  1. Pingback: 3 restoran halal yang wajib dikunjungi di Korea! « Korean Chingu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s